Jamaah Haji dari Tahun ke Tahun Semakin Meningkat

Calon Jamaah Haji Meningkat
JEMBER, KOMPAS.com – Daftar tunggu bagi calon jemaah haji asal Jawa Timur kini menjadi kian panjang, bahkan untuk pemberangkatan haji tahun 2020 hampir habis.

Program dana talangan yang diadakan oleh hampir semua bank konvensional dan bank syariah yang ada di Jember, Jawa Timur, mendongkrak tingginya jumlah calon jamaah haji.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, HM Muslih, di Jember, Rabu (3/8/2011), mengatakan, bagi calon jamaah haji yang mendaftar bulan ini maka akan diberangkatkan nanti pada tahun 2020 mendatang.

“Kemungkinan kuota Jawa Timur untuk pemberangkatan haji tahun 2020, pada pertengahan bulan Agustus ini sudah akan habis,” kata HM Muslih.

Ia menambahkan, jumlah jamaah haji asal Kabupaten Jember di bawah Surabaya dan Sidoarjo.

Sumbangan terbesar naiknya minat calon jamaah haji asal Jember ini, menurut HM Muslih karena ada dana talangan yang diberikan oleh lembaga perbankan.

“Hanya dengan tabungan Rp 10 juta, seseorang sudah bisa memperoleh porsi atau jatah untuk pemberangkatan. Sisanya sebesar Rp 15 juta dapat pinjaman bank,” kata HM Muslih.

Agar calon jamaah haji bisa memperoleh porsi, mereka harus sudah setor ongkos naik haji lewat tabungan haji sebesar Rp 25 juta.

Untuk musim haji tahun 2011, jumlah jamaah haji asal Jember diperkirakan aka n meningkat dibanding tahun lalu. Ini karena kecepatan calon jamaah memperoleh porsi dan segera melunasinya. Untuk haji tahun ini, kuota Jember diperkirakan naik jadi 2 .242 calon jamaah haji dan menjadi 5 kloter (kelompok terbang). Tahun lalu hanya sekitar 1.955 orang.

Sumber Kompas

BEST ALTERNATIVE, FOR TOUR & RENTAL BUS COMPANY

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s