Warung Musiman Menjamur di Jalur Mudik

SUBANG, KOMPAS.com — Warung mudik musiman yang menjajakan minuman, makanan, dan bahan bakar minyak eceran menjamur di sepanjang jalur mudik di wilayah Karawang dan Subang, Jawa Barat. Para pedagang memanfaatkan tanah kosong, lapangan, dan halaman rumah untuk berjualan.

Pada Selasa (23/8/2011), para pedagang mulai menggelar dagangan, seperti terlihat di sisi jalur utama pantai utara Cikampek di Karawang hingga Pamanukan, Subang. Di ruas sepanjang 46 kilometer itu terdapat ratusan pedagang yang membangun tenda dan warung atau memanfaatkan teras rumah atau restoran untuk menggelar lapak.

Titin (42), pedagang di Pamanukan, mengatakan, momentum mudik dan balik selalu dimanfaatkan warga untuk menambah penghasilan. Para pedagang musiman di desanya umumnya telah rutin memanfaatkan momentum Lebaran untuk berjualan. Sebagian pedagang bahkan menggelar dagangan sejak awal bulan Ramadhan karena ketiadaan pekerjaan.

Pedagang musiman juga dengan mudah ditemui di jalur lain, seperti ruas alternatif Johar-Cikalongsari yang membentang 45 kilometer di Karawang, ruas alternatif Kosambi-Curug-Maracang yang menghubungkan Karawang dan Purwakarta, serta ruas Sadang-Kalijati-Subang yang menjadi jalur alternatif di wilayah tengah Jawa Barat.

Selain makanan, minuman, dan bahan bakar eceran, beberapa warga juga memanfaatkan momentum mudik dengan membuka bengkel. Ada juga kelompok warga yang memanfaatkan lapangan atau halaman kantor untuk membuat tempat peristirahatan.

BEST ALTERNATIVE, FOR TOUR & RENTAL BUS COMPANY

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s